Uncategorized

2 Jenis Bentuk Surat untuk Gugatan Cerai

Pernikahan memang tidak selalu berjalan dengan mulus. Setiap perjalanannya pasti ada hambatannya, bahkan tidak lekas selesai dan merugikan pihak yang terikat di dalamnya, baik secara fisik maupun mentalnya. Oleh karena itu, jalan yang lantas diambil adalah melakukan perceraian. Hal tersebut cukup umum terjadi dan menjadi langkah terakhir yang harus diambil, meskipun memang tabu.

Masalah perceraian sering kali mendominasi di semua Pengadilan Agama di Indonesia. Banyak penyebab dan kondisi yang bisa membuat pasangan togel singapore suami isteri bercerai. Proses pengajuan gugatan perceraian tanpa terlebih dahulu didampingi atau memakai jasa pengacara di sisi lain dapat dilaksanakan jika terdapat suatu alasan yang jelas.

Merujuk kepada Pasal 19 Peraturan Pemerintah No.9/1975 mengenai Pelaksanaan Undang-Undang No. 1/1974 tentang perkawinan, suami istri bisa mengajukan gugatan perceraian dengan alasan-alasan yang diperbolehkan, yaitu satu pihak berbuat zina atau menjadi pemadat, pemabuk, penjudi, dan lain-lain yang susah disembuhkan; salah satu pihak meninggalkan pihak lainnya selama dua tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain, alasan yang sah, atau hal lain di luar kemampuannya; serta salah satu pihak mendapatkan hukuman penjara selama lima tahun atau hukuman lain yang lebih berat setelah pernikahan berlangsung.

Pengertian Gugatan Cerai

Gugatan cerai dilaksanakan dengan cara mengajukan gugatan secara lisan atau tertulis kepada Pengadilan Agama/Mahkamah Syariat. Surat gugatan bisa diubah sepanjang tidak mengubah posita dan petitum. Jika pihak tergugat telah menjawab surat gugatan tersebut, harus atas persetujuan tergugat. Gugatan itu diajukan kepada Pengadilan Agama/Mahkamah Syariat yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman penggugat (pasal 73 ayat[1] UU. No. 7 Tahun 1989 yang telah diubah oleh UU. No. 3 Tahun 2006).

Gugatan di dalamnya mengandung identitas diri, yaitu nama, usia, pekerjaan, agama, dan tempat kediaman pihak penggugat dan tergugat, posita, dan petitum. Surat gugatan cerai yang diajukan dapat dikerjakan sendiri, tetapi salinan elektronik berkasnya disimpan di flashdisk atau dengan bantuan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM).

Pengertian Gugatan Talak

Rukun talak merupakan unsur utama yang harus ada di dalam talak. Terwujudnya talak tergantung ada dan lengkapnya unsur-unsur yang dimaksudkan.Salah satu rukun talak adalah suami. Suami merupakan pihak yang mempunyai hak talak dan yang berhak menjatuhkannya. Masing-masing suami hanya memiliki hak menjatuhkan talak terhadap istrinya sendiri.

دیدگاهتان را بنویسید

نشانی ایمیل شما منتشر نخواهد شد. بخش‌های موردنیاز علامت‌گذاری شده‌اند *